Perkembangan Jaket Motor Dari Masa Ke Masa

Jaket merupakan salah satu inovasi jenis pakaian yang terus berkembang. Jika pada zaman dahulu jaket hanya digunakan oleh tentara sebagai pakaian perlindungan, kini jaket sudah digunakan sebagai pelengkap berbusana sehari-hari. Tak jarang, jaket juga menjadi gaya berpakaian tersendiri.

Begitu juga dengan jaket motor. Jenis jaket yang dibuat khusus bagi pengendara motor dan sudah menjadi icon yang tak terpisahkan. Lihat saja, para bikers jenis motor apapun dan dimana pun pasti memiliki jaket motor sebagai identitas. Dari zaman dahulu hingga kini, ternyata jaket motor mengalami perkembangan dan inovasi sesuai zaman. Perkembangan seperti apa yang terjadi?

Baca juga: Jal-Jal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Jaket Kulit

Jaket motor Perfecto – New York 1928

Seorang co-founder perusahaan pakaian luar di New York, Irving Schott, yang membawahi The Schott Bros, merancang dan memproduksi jaket motor dengan bahan kulit pertama kali. Tidak ketinggalan, ia menyertakan resleting jaket. Brand jaket motor kulitnya dinamai Perfecto, sama dengan merek rokok favoritnya.

Jaket Kulit Perfecto

Tidak seperti jaket motor model masa kini yang menggunakan banyak kancing, jaket motor Schott memiliki retsleting yang cenderung asimetris. Jaket ini memiliki potongan yang pas ditubuh dengan D-pocket-nya sehingga menambah kesan seksi. Tidak hanya itu saja, lipatan jaket pada bagian keras sangat tegas sehingga terlihat gagah.

Jaket Kulit Schott

Jaket motor Perfecto merupakan jaket yang telah terdaftar dalam NYC Schott. Salah satu warna favorit jaket Schott yang juga digemari adalah coklat. Hal ini menunjukkan bahwa jaket motor yang berbahan dasar kulit tidak selalu berwarna hitam.

Jaket motor menjadi trademark di film

Marlon Blando, pada film The Wild Done tahun 1953, menyisipkan gambar tulang dan tengkorak di label Perfecto. Ia sendiri memerankan Johnny Strabler yang merupakan pemimpin dari Black Rebels Motorcycle Club (BRMC) di film tersebut.

Jaket Motor Keren

Berdasarkan keterangan dari Jasmine Helm, seorang co–curator, ditemani dengan Kristen Haggerty, Daniel Morin, dan Tae Anh pada saat pameran: Fashioning The Biker Jacket film ini terinspirasi oleh kerusuhan Hollister di California pada 1947. Jaket motor ini pun saat ini terdapat di The Museum at Fashion Institute of Technology (FIT). Bahkan, jaket motor ini disebut-sebut sebagai cikal bakal tren fashion jaket motor yang pernah ada.

Perkembangan desain dan model jaket motor

Desain Jaket Motor

Jaket motor pun mengalami perkembangan desain yang signifikan di tahun 1980. Saat itu, desain jaket motor memiliki ukuran yang lebih besar dibagian lengan dan bahu (seperti model jaket kulit yang dimiliki Michael Jackson). Desain jaket motor ini dapat dikatakan sebagai ‘warisan’ tren dengan karakter yang kuat bahkan tak usang dimakan usia hingga generasi ke generasi.

Baca juga: 8 Jenis Bahan Kain Yang Tepat Untuk Membuat Aneka Jaket

Meledaknya popularitas jaket motor

Kate Moss dan Yoko Ono adalah dua orang figur yang turut berperan dalam mempopulerkan jaket motor. Saat itu, mereka menarik perhatian publik dengan menjual jaket Harley Davidson. Jaket motor ini sendiri ditandatangani oleh Pope Francis, dengan angka penjualan menembus $ 77,485 untuk keperluan acara bakti sosial.

Jaket Kulit Yoko Ono

Sejak saat itu lah jaket motor menjadi prestige atau kebanggan tersendiri dikalangan bikers. Meskipun banyak model jaket motor impian bagi para bikers, bahan jaket premium dan jahitan yang berkualitas misalnya, sebagian besar bikers saat ini masih lebih mementingkan makna apa dibalik pakaian dan jaket yang mereka kenakan.

Munculnya model jaket motor wanita

Tidak hanya untuk pria, jaket motor wanita kini lebih bervariasi. Bahkan, model jaket motor kulit masa kini menggabungkan model pakaian wanita dengan karakter jaket motor yang berani. Misalnya saja jaket motor kulit dengan sentuhan jahitan dan potongan ala cardigan.

Jaket Motor Wanita

Apapula model jaket motor wanita dengan menggunakan pola jaket motor yang sering digunakan kaum pria. Meskipun demikian, pola potongan jaket motor untuk kaum pria ini mengalami modifikasi. Seperti misalnya menyesuaikan bentuk potongan jaket dibagian pinggang dan dada. Pada umumnya, jaket motor wanita memiliki potongan jahitan yang lebih menyempit dibagian pinggang dan lengan.

Begitupula permainan resleting dan kerahnya. Meskipun memiliki kesan tegas dan berani, sentuhan wanita dalam jaket motor tetap dapat diberikan. Misalnya dengan pola kerah meruncing dan resleting atau kancing dibagian tengah. Bisa juga dibuat model rompi motor berbahan kulit.

Baca juga: Apa Bedanya Jaket Baseball Dan Jaket Varsity?

Share: