Memahami Karakteristik Jenis Kertas Dalam Dunia Percetakan

Di dunia percetakan, mengenali jenis kertas adalah salah satu faktor penting. Ragamnya memang banyak, dan karakter kertasnya tentu juga berbeda-beda. Dengan mengenal ukuran kertas, jenis, hingga fungsinya, kita bisa lebih mengerti proses percetakan. Ketika ini dipahami, maka kita bisa lebih mudah melakukan kalkulasi dalam menentukan hasil akhir cetakan yang ingin dibuat.

Standar dimensi ukuran kertas yang umum digunakan

Sebelum membawa materi cetak ke percetakan, sebaiknya pahami dulu dimensi kertas yang tersedia. Ukuran kertas di pasaran sudah mengikuti standar ISO yang terdiri dari ISO A, ISO B, ISO C, ISO D, ISO R, dan ISO F.

Di Indonesia, standar ISO yang digunakan adalah ISO A, ISO B, ISO C, ISO R dan ISO F. Dalam percetakan umumnya menggunakan ISO A seperti A6, A5, A4, dan lainnya.

Standar Ukuran Kertas

Berbeda dengan ukuran kertas di perkantoran yang menggunakan ISO F, contohnya F4 atau lebih dikenal sebagai kertas folio dengan ukuran 210x330mm.

Art Paper

Bahan art paper tidak cocok untuk dijadikan media menulis karena permukaannya licin. Karena itu, art paper kerap digunakan untuk cetakan yang sifatnya promosional dan berukuran kecil, seperti kartu undangan atau kartu nama. Gramasi yang populer digunakan 85 gr, 100 gr, 115 gr, 120 gr, dan 150 gr. Selain beratnya, gramasi juga mempengaruhi ketebalan art paper.

Art Paper

Art paper merupakan jenis kertas yang sangat terkenal dan umunya digunakan dalam pembuatan kalender dinding, brosur, flyer atau poster untuk keperluan promosi.

Art Carton

Art carton memiliki sifat yang mirip dengan art paper, namun bahan dasarnya adalah karton. Selain itu, art carton memiliki gramasi yang lebih berat sehingga lebih tebal dari art paper. Gramasi yang populer digunakan 190 gr, 210 gr, 230 gr, 260 gr, 310 gr, 350 gr, dan 400 gr.

Art Carton

Jenis kertas ini sangat cocok untuk membuat kalender, company profile, kartu nama, kartu undangan, katalog atau booklet.

Baca juga: 5 Langkah Membuat Kartu Nama Unik dan Keren, Biar Tambah Beken!

Fancy Paper

Bahan lain yang bisa jadi pertimbangan adalah fancy paper. Jenis kertas ini sangat cocok untuk membuat kartu undangan, karena teksturnya yang unik sehingga dapat memberi kesan premium. Gramasi yang tersedia dipasaran adalah 80 gr, 100 gr, 220 gr, dan 300 gr.

Fancy Tekstur Polos

Fancy Paper Polos

Fancy Paper Tekstur

Fancy Paper

Fancy Paper Vanguard

Fancy Paper Vanguard

Baca juga: 4 Ide Undangan Pernikahan Unik dan Keren Sebelum Mengucap Janji

Corugated

Bahan yang satu ini memiliki bentuk mirip kardus -tapi lebih tipis- dengann lapisan kertas bergelombang di dalamnya. Corugated cukup tebal sehingga bisa digunakan untuk kemasan produk atau kartu undangan eksklusif untuk berbagai acara formal. Tapi umunya corugated hanya tersedia warna cokelat saja, sehingga agak sulit untuk dikreasikan.

Kertas Corugated

Ivory

Ivory memiliki sifat mirip dengan art carton dan art paper. Namun warna kertas ivory lebih buram dan hanya satu sisi yang permukaannya licin. Gramasi yang biasa digunakan 210 gr, 230 gr, 250 gr, 310 gr, dan 400 gr. Jenis kertas ini sangat cocok untuk poster, buku agenda dan kemasan produk makanan seperti paper tray atau box kebab.

Kertas Ivory

Kertas BW / BC / Manila

Di luar art carton, kertas BW juga bahan yang lazim digunakan untuk kartu nama, booklet atau kalender. Kertas BW (blues white) memiliki beberapa nama seperti kertas BC atau kertas manila. Jenis kertas ini tersedia beberapa warna dengan tekstur halus pada permukannya. Gramasi yang populer digunakan 160 gr, 220 gr, dan 250 gr.

Kertas Manila

Kertas Samson

Kertas ini sebenarnya adalah hasil daur ulang dan lebih sering digunakan untuk bahan paper bag atau amplop surat. Jenis kertas ini cukup mudah ditemui karena banyak dijual secara gulungan di toko alat tulis dan fotocopy. Umumnya, kertas samson berwarna cokelat dengan pilihan gramasi 70 gr 80 gr, 150 gr, dan 220 gr.

Kertas Samson

Kertas Duplex

Jenis kertas yang paling mudah dikenali dan paling sering digunakan untuk kemasan makanan, seperti kotak kue, kemasan nasi kotak dan lainnya. Kertas duplex terdapat dua varian, ada yang satu sisi berwarna putih dan sisi lainnya berwarna abu-abu dan yang berwarna putih pada kedua sisinya. Kertas duplex juga memiliki beberapa tipe gramasi, yaitu 230gr, 250gr, 270gr 300gr, 350gr, dan 400gr.

Kertas Duplex

Jasmine

Jenis kertas jasmine bisa menjadi pertimbangan bila Anda ingin memunculkan kesan mewah bila digunakan untuk kartu undangan. Kesan mewah muncul karena karakteristik kertas jasmine yang memiliki butiran gliter di permukaannya. Selain itu, kertas jasmine juga cocok dijadikan amplop untuk keperluan kantor.

Jasmine Paper

Concorde

Kertas concorde bisa jadi alternatif lain. Memiliki gramasi 160 gr, 220 gr, 220 gr, dan 250 gr. Tersedia berbagai warna dan umumnya dijual per pack dengan isi 20 lembar. Jenis kertas ini cocok untuk kartu nama dan booklet karena memiliki terkstur lembut saat dipegang.

Kertas Concorde

Kertas Linen / Buffalo

Jenis kertas bertekstur dengan berbagai piihan warna dan cukup tebal. Kertas linen sangat mirip dengan kertas buffalo, bahkan sering dianggap jenis kertas yang sama. Gramasi yang umum dipasaran adalah 220gr dan 250gr. Kertas linen sering digunakan untuk cover agenda, notes atau buku.

Kertas Linen

Board Paper

Kertas tebal dan sangat kaku, umumnya tersedia warna cokelat dan kuning. Board Paper sendiri termasuk kertas karton hanya saja ketebalannya bervariasi dari ketebalan 0,4 mm hingga yang paling tebal 4,3 mm. Jenis kertas ini biasa digunakan sebagai bahan cover buku. Fungsi lainnya bisa digunakan untuk papan pengumuman di sekolah atau kantor.

Board Paper

Kertas NCR

Sebagian orang menyebut kertas ini adalah kertas karbon, justru kertas NCR dibuat untuk menggantikan kertas karbon. Secara fungsi kertas karbon dan kertas NCR memang sama, yaitu untuk menyalin tulisan.

Kertas NCR

NCR sendiri kepanjangan dari Non Carbon Required. Sangat berguna dalam pembuatan nota, kwitansi atau bukti transaksi lainnya. Tujuan utamanya untuk menyalin dokumen menjadi beberapa rangkap. Kertas NCR ada berbagai warna, bertekstur lembut dan sangat tipis. Berikut ilustrasi cara kerja kertas NCR.

Mekanisme Kertas NCR

Kertas HVS

Kertas HVS adalah jenis kertas yang paling terkenal dan sangat sering digunakan. Berwarna putih dengan tekstur yang agak kasar sehingga sangat cocok digunakan untuk menulis, cetak dokumen atau buku, dan keperluan kantor lainnya. Ukuran kertas HVS juga bervariasi, tersedia ukuran A4 hingga A0, ukuran F4, dan ukuran Q4. Gramasi yang tersedia dipasaran adalah 70gr, 80gr, dan 100gr.

Kertas HVS

Mengenali jenis kertas menjadi hal yang perlu diutamakan. Dengan mengetahui karakterisasi bahan yang beredar, maka pemilihan bahan akan lebih saksama dan lebih tepat lagi. Tapi ingat! Tidak semua percetakan menggunakan penamaan jenis kertas yang sama jadi sebaiknya Anda meminta sample kertasnya dulu agar lebih yakin.

Share: